Memotret Milkiway Menggunakan Smartphone

Share

Kamera smartphone zaman sekarang sudah canggih. Jika dulu memotret Milkiway harus menggunakan kamera DSLR, kini kamu bisa memotret Milkiway menggunakan smartphone. Loh, kok bisa pake smartphone doang ? Masa sih ? Nggak percaya ? Daripada bengong dan terkedjoet, mending kamu baca artikel berikut ini bagaimana cara memotret milkiway menggunakan smartphone.

Cara Memotret Milkiway Menggunakan Smartphone

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum memotret milkyway menggunakan smartphone.

1. Smartphone

Smartphone menjadi pemeran utama bisa tidaknya kamu memotret milkiway menggunakan smartphone. Ya, tidak semua smartphone bisa digunakan untuk memotret milkiway. Tanya kenapa ? Memotret di malam hari harus menggunakan teknik Long Exposure untuk memaksimalkan menangkap cahaya yang ada. Biasanya pengaturan Long Exposure menggunakan kombinasi manual ISO, aperture dan shutter speed ini ada pada mode manual di kamera. Smartphone yang biasanya memiliki fitur seperti ini adalah smartphone di kelas menengah ke atas. Jarang ada smartphone kelas low entry memiliki kamera mode manual.

smartphone dengan kamera terbaik
Samsung Galaxy S9 Plus

2. Tripod

Tripod adalah benda yang vital untuk mendukung kegiatan kamu memotret Milkiway dengan smartphone. Karena memotret Milkiway dengan smartphone membutuhkan kestabilan yang super perlu, maka tripod wajib ada. Kamu nggak akan bisa menggunakan tangan kosong untuk menjepret, kestabilan tangan nggak bisa bertahan lebih dari 1 detik. Yang ada nanti hasilnya akan nge-blur. Semua jenis tripod bisa kamu gunakan, asal memiliki holder untuk menjepit smartphone agar kedudukannya stabil.

3. Waktu Memotret

Kapan waktu yang tepat untuk memotret Milkiway ? Sudah pasti malam hari lah. Adakah di malam-malam tertentu ? Ada. Selain waktu malam, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar perburuanmu sukses. Cuaca. Pastikan cuaca di malam hari tidak mendung. Kalau mendung yang kamu dapatkan hanyalah foto-foto awan saja, bukannya Milkiway. Selain itu, adalah bulan. Hindari memotret saat bulan purnama. Cahaya bulan yang kinclong akan menghalangi cahaya Milkiway yang lebih redup. Ambillah waktu di mana bulan tidak nampak atau sedang dalam fase bulan mati, bulan muda/tua

4. Lokasi

Lokasi menentukan prestasi. Ya, kamu memerlukan kondisi lokasi yang mendukung untuk memotret Milkiway menggunakan Smartphone. Lokasi yang seperti apa ? Tentu lokasi yang gelap, minim polusi cahaya namun dengan view langit yang luas. Kamu bisa menemukan lokasi seperti ini di tepi pantai, pegunungan, sawah, lapangan atau dimana saja yang penting gelap dan minim cahaya.

Saatnya Memotret Milkiway Menggunakan Smartphone

Setelah kamu memenuhi 4 persyaratan tadi, saatnya masuk ke masalah teknik. Tekniknya cukup mudah kok. Berikut ini teknik memotret milkiway menggunakan smartphone.

1. Cari Posisi Milkiway

Bagaimana caranya menemukan posisi Milkiway di malam hari ? Jika kamu di daerah yang gelap gulit seperti pegunungan, kamu bisa melihat Milkiway dengan mata telanjang saja. Lalu jika di sekitar pemukiman ? Tenang, ada aplikasi di Playstore yang bisa membantumu menemukan Milkiway seperti Stellarium, SkyMap dan lain-lain.

2. Pilih Angle Yang Tepat

Setelah posisi Milkiway ditemukan, maka kamu bisa mencari angle memotret yang pas. Kamu bisa mengombinasikan latar pepohonan, bangunan dan lain-lain untuk mempercantik komposisi dalam frame. Dan pastikan untuk menjaga kestabilan dengan tripod.

3. Setting Kamera

Saatnya utak-atik kamera. Kamu bisa memilih mode Manual atau Pro untuk mengatur Exposure Time / Shutter Speed, Focus dan ISO. Exposure Time / Shutter Speed atur di angka 16 – 32 detik. Untuk Focus atur ke Infinity. Sedangkan ISO diatur ke angka 1600 – 3200. White Balance boleh auto. Sangat direkomendasikan jika memotret menggunakan mode RAW, agar saat editing bisa lebih bebas.

Untuk pengetahuan lebih lanjut tentang fotografi Milkiway dengan smartphone, kamu bisa bergabung dengan grup Facebook Mobile Astrophotography. Di grup ini banyak berbagi tips dan pengetahuan seputar memotret luar angkasa. Selamat mencoba.

memotret milkiway menggunakan smartphone
Salah satu karya member Mobile Astrophotography
Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.