Membuat Efek Teks Emas dengan Photoshop

Share

Wuuhh. Tutorial kali ini cukup mewah dan berkelas.. Membuat efek teks emas dengan Photoshop. Meskipun terkesan mewah, mahal atau apalah kalian menyebut benda itu tapi dalam pembuatan efek teks kali ini langkah-langkahnya sangat sederhana. Kita xuma akan bermain dengan Layer Style saja dan Bim Salabim jadilah Gold Text Effect.

  1. Buat file baru dengan klik menu File > New. Buat dengan ukuran Width : 700 px dan Height : 350 px. OK.
  2. Gunakan Type Tool (T) untuk mengetikkan teks di tengah. Disini saya ketikkan Gold dengan font CAC Champagne.efek teks emas
  3. Setelah ini, kita hanya akan bermain dengan layer style saja. Klik ikon fx di bagian bawah panel layer. Kita awali dari Drop Shadow dulu. Atur Distance : 1, Spread : 0 dan Size : 5. Yang lainnya biarkan default.

    efek teks emas
    Drop Shadow
  4. Lanjut ke Gradient Overlay, buat gradasi warna putih #ffffff dan kuning #fbc508, ganti Blend Mode menjadi Hard Light. Usahakan posisi gradasi putih dikiri sedangkan gradasi kuning dikanan, jika sebaliknya klik saja Reverse. Yang lainnya biarkan default saja.

    efek teks emas
    Gradient Overlay
  5. Next, Color Overlay, ubah warna menjadi kuning #e4e65c (seperti lemon ya..) dan jangan lupa ganti Blend Mode menjadi Hard Light.

    efek teks emas
    Color Overlay
  6. Teruskan ke Inner Shadow, ubah warna menjadi putih #ffffff dengan Blend Mode : Screen. Atur juga Distance : 0, Choke : 0 dan Size : 5. Lainnya biarkan default.

    efek teks emas
    Inner Shadow
  7. Sesudah itu, menuju Stroke. Ubah Size menjadi 1 dan Position : Inside. Ganti juga dengan warna kuning #fdea6d dan Opacity : 85%.

    efek teks emas
    Stroke
  8. Last one, Bevel & Emboss. Pada bagian Structure, ubah Technique menjadi Chisel Hard, Depth : 500%, Direction : Down. Size : 15 dan Soften : 0. Sedangkan pada bagian Shading, ubah Highlight Mode menjadi Hard Light dengan warna #b48e2e dan Opacity : 100%. Untuk Shadow Mode ubah menjadi Multiply dengan warna #c5b42f dan Opacity : 90%. OK.

    efek teks emas
    Bevel & Emboss
  9. Seperti hasil sementara kita.

    efek teks emas
    Hasil Sementara
  10. Selanjutnya kita buat teks lagi dengan layer style berbeda (sebut saja Layer Style part 2… =D). Klik layer teks yang tadi dan tekan Ctrl+J untuk menggandakannya. Alhasil akan menghasilkan 2 layer dengan layer style yang sama. Untuk memudahkan, kita ganti nama layer yang paling atas beri nama Gold dan yang bawah beri nama 3D.

    Duplicate Layer
  11. Sebelum memulai layer style yang kedua, kita bersihkan layer 3D dari layer style yang ada. Klik kanan (Right Click) layer hasil copyan dan pilih Clear Layer Style.Clear Layer Styles
  12. Setelah tak ada layer style yang tersisa, kita mulai lagi Layer Style-nya. Klik ikon fx di bagian bawah panel layer. Mulai dari Drop Shadow, Ubah Opacity menjadi 25%. Atur juga Distance : 5, Spread : 0 dan Size : 2.

    efek teks emas
    Drop Shadow
  13. Lanjut ke Stroke, ubah warna menjadi #825f29 dengan Size : 5 px. Pada Position, ubah menjadi Center.

    Stroke
  14. Next to Bevel & Emboss. Pada bagian Structure, atur Technique : Smooth, Depth : 100%, Direction : Up, Size : 5 dan Soften : 0. Untuk bagian Shading , ubah Highlight Mode menjadi Normal dengan warna #f8ef5b dan Opacity : 15%. Untuk Shadow Mode ubah menjadi Multiply dengan warna #b1a23e dan Opacity : 100%. Jangan lupa untuk mengubah juga Gloss Contour menjadi Cone – Inverted seperti gambar dibawah ini.

    Bevel & Emboss
  15. Geser text pada layer 3D dengan Move Tool (V) dan posisikan yang pas seperti gambar berikut. Jeng jeng jeng… Jadilah Gold Text Effect. Mudah kan….

    Efek Teks Emas
  16. Kamu bisa tambahkan background untuk membuatnya lebih menarik. Selamat berkarya.
Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.