Membuat Efek Teks Bulu

Share

Today, hari ini alias dino iki (Jawa)kita akan membuat Text Effect lagi. Ceritanya kita akan membuat Efek Teks Bulu. Dengan memanfaatkan tekstur dari kulit hewan semacam mamalia, kita akan membentuk teks berdasar tekstur tersebut. Seperti contoh berikut dan beserta tutorialnya yang menggunakan kulit harimau. Check it Out :

  1. Buat file baru dengan menu File > New. Atur Width : 700 px dan Height : 350 px. Background Contents : White. OK.
  2. Gunakan Type Tool (T) dan ketikkan teks ditengah. Misalnya saya menggunakan teks TIGER warna hitam dengan font Anja Eliane. Untuk font, kamu bebas memilih apapun asal memiliki ketebalan yang cukup dan jangan gunakan Bold.efek teks bulu
  3. Sekarang buka file untuk teksturnya dengan menu File > Open atau kamu bisa lewat Windows Explorer dan men-drag-nya ke Photoshop. Karena kita menggunakan Harimau jadi kita gunakan kulit harimau saja. Jangan sampai tulisan Tiger menggunakan kulit Zebra, nggak nyambung kan ehehe …

    efek teks bulu
    Tekstur
  4. Gunakan Move Tool (V) dan drag gambar kulit tersebut ke file teks Tiger tadi. Posisikan diatas layer teks Tiger dan sesuaikan ukurannya dengan ukuran kanvas dengan Ctrl+ T (Free Transform).efek teks bulu
  5. Sekarang kita akan memasukkan gambar kulit kedalam teks, klik kanan (Right Click) pada layer gambar kulit dan pilih Create Clipping Mask. Maka akan muncul tanda panah kebawah pada layer gambar kulit yang menunjukkan jika layer gambar kulit mengikuti bentuk layer teks Tiger.Efek teks bulu
    efek teks bulu
  6. Lalu kita buat Layer Mask dari teks Tiger namun kita tempatkan di posisi layer kulit. Caranya Ctrl+Klik layer teks, maka teks akan terseleksi kemudian pilih atau klik layer kulit. Setelah itu pada bagian bawah panel layer yang terdapat deretan ikon, klik ikon Add Vector Mask (Yang seperti bendera Jepang itu loh,, sebelah kanan ikon fx). Maka akan terbentuk Mask teks Tiger pada layer kulit.efek teks bulu
  7. Next, lanjut ke Brush untuk membuat bulu di pinggir teks. Pilih Brush Tool (B) dan klik kanan pada canvas, lalu akan muncul pilihan untuk memilih jenis Brush. Klik gambar gear pada pojok kanan atas dan akan muncul pilihan yang banyak, pilih DP Brushes. Jika muncul peringatan untuk pergantian Brush, pilih OK saja dan jika masih ada lagi peringatan untuk menyimpan Brush yang tadi, pilih No saja. Pilih Brush DP Crackle yang memiliki ukuran 461 dan berbentuk seperti serabut.

    efek teks bulu
    Pilih Brush
  8. Setelah itu tekan F5 untuk membuka Brush Preset, dan atur Size menjadi 50 px dan check Spacing dan berikan nilai 25%.
  9. Masih di Brush Preset, pilih Shape Dynamic, atur Size Jitter : 100% Control : Pen Pressure, Minimum Diameter : 0%, Angle Jitter : 10% Control : Direction, Roundness Jitter : 100% Control : Off, dan Minimum Roundness :1%.
  10. Nah lalu Save Brush yang kita buat tadi, klik ikon Create New Brush yang ada di pojok kanan bawah. Setelah muncul dialog box, ketikkan nama brush yang kita buat, misalnya Fur. OK.
  11. Setelah sudah dibagian brush sekarang kita kembali ke layer teks. Klik kanan (Right Click) layer teks dan pilih Create Work Path untuk membuat polanya. Dan kamu akan melihat garis tipis ditepian teks.
  12. Lalu klik icon visibility (gambar mata) pada layer teks tiger dan klik kanan pada layer kulit kemudian pilih Release Clipping Mask maka tanda panah tadi akan hilang.

    Release Clipping Mask
  13. Klik pada Mask dilayer kulit. Lalu pilih Pen Tool (P) dan klik kanan pada area kanvas. Pilih Stroke Path. Saat muncul kotak dialog, pada Tool pilih Brush dan jangan check Simulate Pressure. OK.
  14. Ulangi langkah no 13 beberapa kali hingga membentuk bulu dengan ketebalan yang cukup. Selesailah sudah.efek teks bulu
  15. Berikut juga ada contoh dari bulu Jaguar. Setelah ini kamu juga bisa leluasa membuat dari bulu binatang lain. Selamat berkarya.
efek teks bulu
Efek Teks Bulu Jaguar
Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Satu tanggapan untuk “Membuat Efek Teks Bulu

  • April 28, 2016 pada 2:37 pm
    Permalink

    kerennn abis,,,,sngt mmbntu bwt q yg mch pemula,,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.