Membuat Efek Teks Api dengan Photoshop

Share

Efek teks api, yaitu efek nyala api pada teks. Text effect kali ini bisa dibilang cukup keren. Kita akan menampilkan teks yang memiliki api yang menyala-nyala. Sebelumnya kita harus memiliki gambar tekstur api, kamu bisa mencarinya di cgtextures.com atau pun di devianart.com. Setelah mendapatkannya, Let’s Start :

  1. Buatlah file baru dengan ukuran Width : 700 px dan Height : 350 px. OK.
  2. Gunakan Type Tool (T) dan ketikkan teks di tengah. Misalnya ACE dengan font Engravers MT.
    .
    efek teks api
    .
  3. Next, kita akan bermain dengan Layer Style. Klik ikon fx dibawah panel layer dan pilih Outer Glow. Atur Blend Mode menjadi Normal, Opacity : 100%, ubah warna menjadi merah #ff000 dan Size : 10 px.
    .
    efek teks api
    .
  4. Langsung lanjut ke Color Overlay, ganti warna menjadi jingga #d38230.
    .
    efek teks api
    .
  5. Lanjut lagi ke Satin, atur Opacity : 100%, ganti warna menjadi coklat gelap #873317, ubah Distance : 5 px dan Size : 15 px.
    .
    efek teks api
    .
  6. Lalu ke Inner Glow, Ganti Blend Mode menjadi Color Dodge, atur Opacity menjadi 100%, ubah warna menjadi kuning #e4bf2e dan Size : 10 px. OK.
    .
    efek teks api
    .
  7. Klik kanan pada layer ACE di panel layer dan pilih Rasterize Layer Style. Ini akan mengubah Layer Teks dan Layer Style menjadi satu dalam layer biasa. Ini hasil dari efek-efek tadi.
    .
    efek teks api
    .
  8. Untuk mendapatkan efek lebih bagus, ganti warna layer background menjadi warna hitam #000000.
    .
    efek teks api
    .
  9. Selanjutnya kita gunakan menu Filter > Liquify untuk membuat liuk-liuk api pada teks. Gunakan Forward Warp Tool (icon seperti telunjuk jari) dengan Brush Size : 15 px. Drag pada tepian teks untuk membuat liuk-liuknya sehingga hasilnya seperti di bawah ini.
    .
    efek teks api
    .
    efek teks api
    .
  10. Buka gambar api.
    .
    efek teks api
    .
  11. Drag gambar api dan posisikan di atas layer ACE. Sesuaikan ukuran layer api dengan layer teks menggunakan Ctrl+T (Free Transform).
    .

    .
  12. Pada saat memilih layer api, pilih tab Channel dan tekan Ctrl+klik Green.
    .

    .
  13. Klik RGB kemudian tekan Ctrl+J dan akan terbentuk layer baru dengan seleksi api tadi. Setelah itu klik icon visibility untuk menyembunyikan layer api yang pertama tadi.
    .

    .
  14. Tekan Ctrl+J untuk menggandakan layer api paling atas tadi, atur saja untuk menutupi teks ACE, setelah itu jadikan satu lagi dengan Ctrl+E (Merge Layers).
    .

    .
  15. Pilih layer api tadi dan klik Add Vector Mask (icon seperti bendera Jepang) pada bagian bawah layer..
  16. Gunakan Brush SoftRound dengan warna hitam dan goreskan pada layer mask bagian api yang tidak diperlukan untuk membuangnya.
    .

    .
  17. Next, tekan Ctrl+J pada layer ACE, posisikan copyan Layer Ace pada posisi paling atas dan ubah Blend Mode menjadi Screen. Selesai.
    .
    .

Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.