Tips Memilih Anti virus

Share

Keamanan komputer adalah hal yang paling penting. Buat apa computer kalau data-data kita di dalamnya nggak aman?? Iya kan. Biasanya, Anti Virus yang berada sebagai komandan dari untuk mengamankan komputermu. Untuk itulah, kamu perlu memilih Anti Virus yang paling layak untuk menjawab keinginanmu itu. Nah, disini ada beberapa tips untuk memilih Anti Virus yang bisa kamu gunakan untuk referensi.

  1. Pilih Anti Virus yang sudah punya nama level internasional. Bukannya nggak cinta produk dalam negeri, tetapi engine yang digunakan Anti Virus dalam negeri masih mengadopsi dari luar negeri dan database virusnya masih kurang lengkap. Lagi pula virus-virus local pun sudah bisa di deteksi oleh Anti Virus luar negeri, kalau pun nggak terdeteksi, kamu bisa mengajukan sample file bervirus ke web Anti Virus luar negeri. Nama beken seperti Kapersky, AVG, Avira, Avast dan sejenisnya bisa menjadi jaminan untukmu memilih Anti Virus yang akan kamu gunakan.

    tips memilih anti virus
    Avast, salah satu produk Anti Virus level Internasional
  2. Usahakan pakai yang Premium daripada yang Free Edition. Meskipun Free Edition sudah cukup mumpuni, Anti Virus ini hanya ditujukan untuk penggunaan pribadi saja karena fitur yang ditawarkan adalah keamanan dasar saja. Jika untuk urusan bisnis, sebaiknya memakai yang berbayar karena fitur yang ditawarkan jauh lebih lengkap.

    tips memilih anti virus
    Kaspersky, Anti Virus yang terkenal dengan fitur berbayarnya
  3. Pakailah 1 Anti Virus saja dalam 1 komputer. Penggunaan 2 Anti Virus bukanlah solusi yang tepat untuk mengamankan komputermu. Alih-alih menambah keamanan, justru yang ada malah bisa saling bentrok satu sama lain dan hanya menambah beban kerja komputermu.
  4. Pakailah program keamanan lain selain Anti Virus jika ingin menambah keamanan komputer. Misalnya apa ?? Registry cleaner, Enkripsi folder/drive dan sejenisnya. Karena beda fungsi dan jenisnya, Anti Virus dan program-program itu nggak akan saling tubrukan pekerjaan satu sama lain.
  5. Pastikan Anti Virus selalu up to date. Percuma dong kalau sudah punya Anti Virus yang bagus tapi nggak pernah di update. Yang ada malah Anti Virus nggak bisa deteksi jenis virus-virus baru dan komputermu bisa dijadikan bulan-bulanan oleh virus-virus baru.

    tips memilih anti virus
    Always keep up to date…
  6. Jangan sembarangan download Anti Virus bajakan. Kalau ingin download Anti Virus, download-lah dari situs resminya atau dari situs yang terpercaya. Hindari situs yang menyediakan aplikasi bajakan yang disertai crack karena di situlah tempat paling rawan. Bukannya untung, malah jadi buntung.

    tips memilih anti virus
    Hati-hati dengan anti virus palsu
  7. Hati-hati dengan iklan Anti Virus norak. Saat ini banyak sekali ini iklan-iklan norak yang mengatakan “Banyak virus di komputermu, scan dengan Anti Virus ….” dan sejenisnya. Iklan itu cuma bullshit. Itu hanya untuk menarik perhatianmu agar kamu download program Anti Virus nggak jelas. Jika kamu menemui iklan sejenis dengan itu, sebaiknya abaikan saja atau pakailah AdBlock agar ia enyah dari pandanganmu.

    tips memilih anti virus
    Jangan mau dikibuli oleh iklan beginian
  8. Manfaatkan fitur online deteksi virus di virustotal.com. Kamu bisa men-submit file-mu yang bervirus ke situs ini dan kamu bisa melihat Anti Virus mana saja yang bisa mendeteksi atau nggak.

    tips memilih anti virus
    Virustotal.com

 Beginilah tips-tips memilih Anti Virus dari Trickster untuk kalian. Semoga bermanfaat.

Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.