Mari Ketahui Serba Serbi Port USB

Share

Setiap orang pasti pernah mengoneksikan antar perangkat menggunakan port USB. Media penyimpanan data seperti flashdisk dan perangkat peripheral seperti printer menggunakan port USB juga sebagai konektornya. So, setiap hari kita sering menggunakan port ini. Tapi tahukah kamu USB itu sebenarnya apa?? Apa saja yang ada di USB itu?? Dariapada kepikirna, mari mengobrol lebih dekat dengan si USB.

Apa Arti USB ?

USB, singkatan dari Universal Serial Bus. Secara harfiah, itu mendefinisikan sebagai kabel, konektor, dan protokol komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat. USB di desain pada tahun 1996 oleh beberapa perusahaan yang meliputi Microsoft, Compaq, IBM, Intel, DEC, NEC dan Nortel. Tujuannya untuk menetapkan standarisasi koneksi antara perangkat peripheral seperti printer, keyboard, mouse dan PC.

Perusahaan-perusahaan itu ingin mengganti banyak konektor yang telah digunakan sebelumnya, menghilangkan berbagai masalah seperti penggunaan interface yang ada dan menyederhanakan konfigurasi secara software untuk semua perangkat yang terkoneksi via USB. Dan hal itu akan memungkinkan transfer data dengan kecepatan lebih baik.

tentang USB
Semua peralatan dengan USB via usblyzer.com

Tipe Konektor USB

Pada dasarnya, ada 2 jenis plug USB standar. Gambar dibawah ini akan menunjukkan perbedaan antara Standar A dan Standar B.

port usb
Standar USB

Mungkin hanya sebagian orang yang tau, jika konektor USB itu termasuk benda elektronik. Jadi seperti benda elektronik lainnya, konektor USB juga perlu energi listrik untuk berfungsi. Coba amati konektor USB yang ada di sekitarmu. Arus listrik akan melewati pin 1 dan pin 4, sedangkan data akan ditransfer melalui pin 2 dan pin 3.

Sekarang, hampir semua perangkat bisa dikoneksikan ke PC via USB, bisa berupa keyboard, mouse, smartphone, printer dan lainnya. Bahkan, jika kamu jenius kamu bisa membuat peralatan sendiri dan mengoneksikannya via USB ke komputer.USB juga memungkinkan pertukaran arus listrik antara komputer dan perangkatmu, hal ini terjadi seperti saat kamu mengoneksikan smartphonemu ke komputer dan saat itu juga baterai smartphone-mu di-charge.

Berikut ini tipe konektor USB yang dikenal dunia

  • Mini USB

Port Mini USB dirilis pada Oktober 2000. Port ini dulunya digunakan untuk charge handphone (biasanya handphone cina), konsol game portable, PDA, smartphone keluaran pertama dan beberapa perangkat kecil lainnya. Tipe konektor ini didesain untuk bertahan hingga 5000 kali colokan,

port USB
Mini USB
  • Micro USB

Tahun 2007, Micro USB diperkenalkan. Konektor yang lebih tipis ini muncul untuk menggantikan Mini USB di berbagai perangkat baru seperti Smarphone zaman sekarang dan kamera digital. Micro USB ini bisa bertahan seenggaknya 10.000 kali colokan.

port USb
Micro USB

Untuk peningkatan kecepatan di perangkat yang menggunakan USB 3.0, maka Micro USB 3.0 dibuat. Konektor ini terdiri dari konektor Micro USB 2.0 dan 5 pin tambahan. Micro USB 3.0 ini masih bisa digunakan di port USB 2.0. Samsung Galaxy Note 3 adalah smartphone pertama yang menggunakan konektor jenis ini. Selain smartphone, kini harddisk eksternal pun sudah menggunakan konektor ini.

port usb
Micro USB 3.0

Versi USB & Standar Kecepatan

Beberapa tahun yang lalu sejak peluncuran versi pertama USB, sejak tahun 1996 hingga yang teranyar Juli 2013, USB telah berkembang menjadi lebih cepat. Berikut ini versi dan kecepatannya.

  1. USB 1.0, rilis Januari 1996, Kecepatan 1,5 Mbps (Low Speed).
  2. USB 1.1, rilis Agustus 1998, Kecepatan 12 Mbps (Full Speed)
  3. USB 2.0, rilis April 2000, Kecepatan 480 Mbps (High Speed).
  4. USB 3.0, rilis November 2008, Kecepatan 5 Gbps (Super Speed)
  5. USB 3.1, rilis Juli 2013, Kecepatan 10 Gbps (Super Speed+)

Saat ini, USB 2.0 dan 3.0 masih mendominasi pasaran, namun kedepannya semua perusahaan akan menyesuaikan dengan versi USB terbaru.

Original Resources : 7tutorials

Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

3 tanggapan untuk “Mari Ketahui Serba Serbi Port USB

    • Februari 15, 2018 pada 5:44 am
      Permalink

      disket mah teknologi jadul. Ukuran cuma 1,44 MB.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.