Mengetahui dan Mengatasi Error dalam Microsoft Excel

Share

Kesalahan adalah hal biasa bagi manusia. Seperti halnya error yang ada pada aplikasi Microsoft Excel ini. Pesan error yang muncul pada Excel akibat dari human error sendiri saat menjalankan suatu formula. Nah, jika kamu bekerja dengan Excel dan menemukan pesan dengan tanda # itu bukan hashtag pada Twitter, tetapi itu pesan error pada Excel. Pesan yang singkat tersebut sangat mungkin membuat kita kebingungan. Yup, Karena itu marilah memahami dan cara mengatasinya error tersebut. Berikut ini daftar pesan error yang ada pada Excel dan cara mengatasinya.

  1. Error #######

Ketika kamu ketemu dengan error yang #######, tenang saja. It isn’t a big problem. Error seperti ini menunjukkan bahwa ukuran kolom kurang lebar untuk menampilkan digit angka yang ada pada cell di kolom itu. Cara mengatasinya sangat mudah. Cukup ubah saja ukuran lebar kolom itu atau bisa langsung dengan double-click pada kolom sehingga otomatis akan menjadi lebar selebar jumlah digit yang ada.

error dalam microsoft excel
Contoh Error #######
  1. Error #NAME?

Error seperti ini menunjukkan kalau kamu salah mengetikkan nama formula. Misalnya maksud kamu mau menulis AVERAGE, tapi apa daya jari-jarimu malah menulis AVENGED. Ya, jelas error dong (secara itu nama band, bukan nama formula). Karena AVENGED nggak terdaftar dalam daftar formula yang ada di Excel. Jadi kalau kamu ketemu dengan error yang begini, coba periksa lagi formula yang kamu ketikkan dan perbaiki bila ada kesalahan ketik.

error dalam microsoft excel
Contoh Error #NAME!
  1. Error #VALUE!

Kesalahan ini biasa terjadi saat kamu melakukan perhitungan yang di dalam cell itu ada hurufnya, misalnya dalam suatu kolom A ada nilai A1=2, A2=5, dan A3=F. Kamu menggunakan rumus =A1+A2+A3 maka akan muncul error #VALUE!. Ya iyalah, mana ada angka bisa dijumlahkan dengan huruf. Bener kan?? Cara mengatasinya sangat mudah, ganti F dengan angka (You Don’t Say) atau gunakan formula yang mengabaikan teks berisi huruf, misal =SUM(A1:A3). SUM mengabaikan huruf yang ada pada range penjumlahan.

error dalam microsoft excel
Contoh Error #VALUE!
  1. Error #DIV/0!

Error ini muncul ketika kamu mencoba untuk membagi suatu angka dengan angka 0 atau cell yang kosong. Seperti yang kita pelajari di Matematika SD, berapapun angka yang dibagi 0 hasilnya adalah tak terhingga. Karena unlimited itu, maka jadi error di Excel deh. Solusinya, jangan pernah mencoba angka berapapun dibagi dengan 0 ataupun cell yang kosong, hasilnya sia-sia Bray.

error dalam microsoft excel
Contoh Error #DIV/0!
  1. Error #REF!

Error ini bisa terjadi karena cell yang menjadi referensi suatu formula nggak valid. Bisa jadi terhapus atau ter-delete (sama aja). Jika ketemu error #REF!, Undo saja proses delete yang kamu lakukan tadi atau pindahkan cell referensi ke tempat lain.

error dalam microsoft excel
Contoh Error #REF!
  1. Error #N/A

Mungkin error ini yang sering kita temui kalau berurusan dengan referensi data menggunakan VLOOKUP atau HLOOKUP. Hal ini terjadi karena nilai yang nggak ada pada formula atau fungsi. Bisa juga karena nilai memang kosong / nggak ada pada tabel referensi dan jika tetap diambil sebagai referensi maka hasilnya #N/A. Solusinya, periksa dan teliti kembali data pada tabel referensi, sudah sesuai dengan formula kah? Atau data yang dicari ada nggak??

error dalam microsoft excel
Conoth Error #N/A
  1. Error #NULL!

Error ini termasuk yang paling jarang nongol didepan kita. Error #NULL! Bisa disebabkan karena adanya tambahan spasi yang nggak diperlukan saat kamu mengetikkan formula. Biasanya sih akibat salah ketik tanda (:) atau (,) dalam suatu formula. Misalkan, kamu akan menjumlahkan range pada kolom A dengan fungsi SUM. Tetapi saat kamu mengetikkan =SUM(A1 A10), maka muncullah error #NULL!. Cara mengatasinya tentu saja hilangkan spasi dan gunakan tanda yang seharusnya.

error dalam microsoft excel
Contoh Error #NULL!
  1. Error #NUM!

Error seperti ini disebabkan oleh Excel yang tidak mampu menunjukkan angka yang terlalu besar dari hasil suatu formula ataupun hasil formula yang salah. Misalnya, 3 pangkat 987 dituliskan pada formula Excel =3^987, karena hasilnya sangat besar jadinya error #NUM! muncul. Cara memperbaikinya, gunakan rumus yang menghasilkan angka sewajarnya. Nggak usah pakai angka yang jumlahnya lebay deh. Hehehe.

error dalam microsoft excel
Contoh Error #NUM!
Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.