Memperbaiki File Corrupt atau Hilang pada Sistem Windows

Share

Ketika kamu bermasalah dengan komputer Windows-mu, mungkin saja Windows mengalami masalah yang cukup serius, ada sistem file corrupt dan hilang. Masalah seperti ini bisa mengakibatkan gejala-gejala lain yang cukup menyebalkan seperti malfungsi pada hardware dan harddisk error. Jika Windows sudah sakit dan nggak bisa restart karena adanya file yang corrupt atau hilang, kamu bisa gunakan System File Checker (SFC) di Command Prompt untuk mengatasinya. Kamu juga bisa menggunakan tools ini jika Windows parah banget sampai Blue Screen segala. SFC akan memindai semua file pada sistem Windows, mengidentifikasi mana yang corrupt dan hilang serta berusaha memperbaikinya.

Memperbaiki File Corrupt atau Missing Saat Windows Nggak Bisa Booting

Jika Windows nggak bisa booting karena file yang corrupt atau hilang, kamu perluĀ  pakai Command Prompt. Cara memakai command prompt jika Windows nggak bisa booting, lihat tutorial berikut ini.

1. Next, saat sudah masuk Command Prompt, gunakan perintah sfc dengan tambahan 2 parameter

  • /offbootdir – digunakan untuk menentukan partisi yang berisi file sistem yang dibutuhkan Windows untuk booting, pastinya jelas ada di partisi C:\
  • /offwindir – digunakan untuk menentukan lokasi dari direktoriĀ  Windows, tentunya ada di direktori C:\Windows.

Selanjutnya, kamu perlu mengetik seperti /scannow /offbootdir=c:\ /offwindir=c:\windows dan tekan Enter.

2. Perintah di atas mengisyaratkan bahwa kamu memindai folder Windows yang terletak di partisi C serta memperbaiki file yang corrupt atau hilang.

Proses ini akan memakan waktu yang sedikit lama, jadi bersantailah dan nikmati minumanmu. Saat selesai, kamu akan dinformasikan bahwa proses sudah 100% komplit. Jika ada masalah yang ditemukan, kamu juga akan diberi tahu. File yang bermasalah dan tidak bisa diperbaiki pun juga kamu akan diberi tahu melalui file log bernama CBS.log. File ini dapat kamu temukan di folder C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log.

Jika Windows-mu baik-baik saja, maka kamu akan menerima pesan “Windows Resource Protection did not find any integrity violations”

Memperbaiki File Corrupt atau Missing Saat Windows Bisa Booting

Kamu mungkin pernah mengalami masalah Blue Screen of Death (BSoD) pada Windows. Nah, tampilan blue screen sialan itu juga terdapat apa yang error dan corrput. Jika terjadi hal seperti itu, masuk saja ke Command Prompt dan ikuti langkah berikut ini.

1. Ketikkan perintah sfc /scannow dan tekan Enter. Parameter /scannow akan membuat tool SFC untuk memindai file sistem dan memperbaiki kerusakan jika memungkinkan.

2. Bersabarlah, ini akan memakan waktu yang agak lama. Saat selesai, kamu akan dinformasikan bahwa proses sudah 100% komplit. Jika ada masalah yang ditemukan, kamu juga akan diberi tahu. File yang bermasalah dan tidak bisa diperbaiki pun juga kamu akan diberi tahu melalui file log bernama CBS.log. File ini dapat kamu temukan di folder C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log.

Menganalisa File CBS.Log

1. Masuk ke direktori C:\Windows\Logs\CBS dan buka CBS.log. File ini cukup besar dan cukup lama jika dibuka dengan Notepad. Sebaiknya kamu membukanya dengan Notepad++ atau Microsoft Word agar lebih cepat dan lebih mudah.

2. Scroll ke bawah dan cari baris yang ada kalimat “Cannot repair member file”. Disini kamu menemukan file apa yang corrupt atau hilang yang nggak bisa diperbaiki.

3. Coba googling tentang file yang corrupt atau hilang itu untuk menemukan solusi bagaimana memperbaikinya.

Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.