Memecah Data di Excel dengan Text to Column

Share

Text to Column adalah salah satu fitur di Microsoft Excel untuk memecah data pada satu cell menjadi beberapa kolom. Fitur ini berguna banget untuk mengolah data yang banyak seperti diperkantoran. Misalnya, kamu ingin memecah nama lengkap seseorang menjadi nama depan dan nama belakang. Kalau masih belasan orang kan masih mungkin pakai manualisme alias diketik manual. Nah, kalau ratusan orang ? Mau ngetik manual ? Nggak kan.. Oke, disini akan ditunjukkan cara penggunaan Text to Column dengan kasus tadi.1. Coba lihat tabel dibawah ini, sebelum ke Text to Column, kamu perlu menyiapkan dua kolom sebagai tempat nanti akan ditempatkan pecahan nama depan dan nama belakang.

text to column
Contoh Soal

2. Untuk menggunakan Text to Column, kamu blok data yang akan dipecah lalu masuk ke tab Data dan pilih Text to Column.

3. Kemudian akan muncul Wizard, dalam tahap pertama kau akan disuguhi 2 pilihan Delimited dan Fixed Width. Pilih Delimited untuk memecah menjadi kolom-kolom. Next.

text to column
Wizard Step 1

4. Pada tahap kedua, kamu akan disuruh memilih apa yang akan memisahkan data pada cell menjadi kolom-kolom. Karena data nama depan dan nama belakang disini dipisahkan dengan spasi, maka kamu pilih Space. Di bawah itu juga terdapat preview dari aksi apa yang kamu lakukan. Next.

Wizard Step 2

5. Tahap terakhir, memilih format data. Kamu bisa pilih General atau Text karena semua data terdiri dari text. Untuk Destination, isi dengan $B$2 karena kolom untuk nama depan dan belakang dimulai dari kolom B. Finish.

Wizard Step 3

6. Selanjutnya akan muncul konfirmasi dari Excel “Do you want to replace the contents of the destination cells?”. Klik OK.

Konfirmasi
Hasil Penerapan Text to Column

Hal serupa juga bisa kamu lakukan untuk jenis data yang lain. Misalnya disini ada data tanggal seperti contoh di bawah ini. Kamu ingin memecahnya menjadi tanggal, bulan dan tahun masing-masing di kolom yang berbeda. Kamu bisa lakukan cara diatas, dan hanya perlu mengubah di tahap kedua saat memilih acuan sebagai pemisah. Kamu pilih Other dan isi dengan . (titik) karena pada data awal tanggal, bulan dan tahun dibatasi oleh titik. Dan, hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini.

Contoh lain
Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.