Berbagai Cara Menjalankan Linux

Share

Saat ingin mendalami Linux, maka kamu harus selalu mengoperasikan Linux. So, apa saja yang diperlukan?? Tentu saja satu set PC / laptop dan CD Instalasi Linux untuk meng-install-nya. Tenang saja, Linux gratis kok, nggak perlu takut adanya tuduhan pembajakan. Nah, untuk memulai ini kamu bisa memilih berbagai cara berikut untuk bisa menjalankan Linux :

1. Fresh Installation

berbagai cara menjalankan linux
Linux Ubuntu 11.04 Fresh Install

Fresh Installation adalah cara yang paling populer diantara para pengguna yang sudah akrab dengan Linux. Fresh Installation membuat Linux berjalan sendiri dalam suatu komputer. Jadi tiada sistem operasi lain selain Linux dikomputer itu, Dengan kata lain, 100% resource yang ada dikomputer dimaksimalkan hanya untuk Linux itu.

2. Dual Booting

berbagai cara menjalankan linux
Dual Boot Linux Ubuntu dan Windows 7 by howtogeek.com

Opsi ini bisa kamu gunakan jika kamu ingin menginstall Linux tapi juga ingin menggunakan sistem operasi lain seperti Windows. Cara ini dikenal sebagai sistem “dual-boot”, artinya PC-mu bisa menggunakan 2 sistem operasi berbeda dan pada saat proses booting kamu bisa memilih sistem operasi mana yang akan kamu gunakan. Untuk saat ini, dual-booting kurang diminati karena munculnya software Virtual Machine yang akan dibahas lebih lanjut di poin ke-4.

3. Live CD / DVD Booting Linux

berbagai cara menjalankan linux
Live CD / DVD Linux Ubuntu & Kubuntu by notebooknotes.com

Jika kamu hanya ingin mencicipi Linux tanpa harus menginstall di komputermu, maka cara inilah yang paling tepat untukmu. Yang kamu butuhkan hanyalah Live CD / DVD Booting Linux. Cukup dengan Live CD / DVD kamu sudah bisa menjalankan Linux tanpa perlu repot-repot menginstallnya. File-file yang ada pada CD / DVD akan dimuat ke memory komputer dan hanya dengan begitu saja kamu bisa menggunakan Linux selayaknya telah diinstall ke komputermu. Pada saat kamu me-reboot komputermu dan mencabut CD / DVD-nya, maka komputermu akan tampil seperti semula dengan sistem operasi yang ada tanpa adanya perubahan apapun. Hal ini bisa memberikanmu waktu untuk mencoba beberapa distro Linux yang ada hingga menemukan yang paling kamu suka.

Menggunakan Live CD / DVD juga metode yang populer untuk menyelamatkan file dalam sistem operasi yang corrupt.

4. Virtual Machine (VM)

berbagai cara menjalankan Linux
Linux dan Windows XP di dalam VM Windows 7 by lifehacker.com

Jika kamu tetap keukeuh pada sistem operasi lamamu, tetapi kamu juga ingin mendua dengan Linux tanpa repot-repot mengatur dual booting, kamu bisa menggunakan software VM alias Virtual Machine.  Jadi kamu bisa menjalankan sistem operasi Linux di dalam sistem operasi Windows (Yo Dawg). Yang kamu perlukan hanyalah menginstall aplikasi Virtual Machine seperti VMWare atau Oracle VM Virtual Box plus jangan lupa CD distro Linux-nya untuk diinstall di VM-nya. Sebagai catatan, kamu butuh spesifikasi hardware yang tinggi untuk menjalankan VM karena akan ada 2 sistem operasi yang berjalan bersamaan dalam 1 komputer.

Jadi, silakan pilih yang mana yang paling sesuai denganmu.

Sources : Linux.org

Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.