Cara Mudah Install WordPress Dengan Wamp

Share

WordPress merupakan CMS terpopuler sejagat raya. Banyaknya dukungan plug-in maupun themes sangat beragam nan gratis membuat CMS ini menjadi platform primadona untuk membangun website bagi para blogger.

Untuk belajar menggunakan WordPress, ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dengan belajar praktek secara online dengan membuat blog di WordPress.com atau belajar praktek offline menginstall WordPress di komputer / localhost. Menurut saran Trickster sih mending belajar lewat offline saja daripada online. Kan sayang, paketannya bisa untuk streaming atau download yang lain. Hehehe..

Next, kamu akan menginstall WordPress. Yang kamu perlukan adalah Aplikasi Webserver dan CMS WordPress. Webserver berfungsi agar WordPress bisa berjalan di komputermu tanpa perlu tersambung ke internet. Disini Trickster akan menggunakan Wamp yang 64 bit karena OS yang dipake Windows 7 64 bit. Sedangkan CMS WordPress, kamu bisa mengunduhnya di WordPress.org. Biasanya berekstensi .zip. WordPress yang digunakan disini adalah versi 4.0.

Langkah-langkah instalasi WordPress

1. Install dulu aplikasi webservernya. Karena berekstensi .exe, maka tinggal klik Next Next saja seperti menginstall aplikasi pada umumnya.

2. Setelah selesai, langsung menuju Start, pilih All Programs dan cari yang namanya WampServer. Kalau sudah ketemu, kasih salam dulu eh salah, langsung klik Start WampServer. Icon WampServer di tray akan berubah warna jadi hijau jika sudah online.

3. Next, kamu eksekusi WordPress-nya. Extract file WordPress dengan WinZip, WinRar atau aplikasi yang sejenisnya. Copy folder hasil ekstrak di direktori C:/wamp/www/ (setting folder default). Ini nih folder tempat file-file situs web berada.

4. Setelah WampServer sudah online dan installer WordPress sudah pada posisinya, buka browser, terserah mau pake IE, Mozilla atau Chrome. Bebas aja sesukamu..

5. Pada address bar, ketikkan localhost, maka akan muncul tampilan home Wamp.

6. Klik Phpmyadmin, setelah itu akan muncul halaman untuk login. Untuk user defaultnya adalah root dan password kosong alias blank. Langsung enter saja.

install wordpress dengan wamp
Login phpmyadmin

7. Disini, kamu buat database dulu. Klik tab Databases dan isikan nama database, terserah deh mau nama apa. Misalnya, myweb. Langsung klik Create.

install wordpress dengan wamp
Membuat Database

8. Next, di browser, ketik nama folder yang menyimpan file WordPress tadi di direktori www, misalnya localhost/myweb. Setelah itu akan muncul tampilan awal instalasi WordPress.

9. Jika pada address bar muncul alamat localhost/myweb/wp-admin/setup-config.php dan tampilan seperti dibawah ini maka kamu sudah berada pada jalan yang benar. Langsung klik Let’s Go.

install wordpress dengan wamp
Instalasi dimulai

10. Kemudian akan muncul form untuk isian. Pada Database Name, isikan nama database yang kita buat tadi yaitu myweb. Untuk username adalah root (username default) dan password biarkan kosong saja (password default). Database Host diisi dengan localhost (karena kita offline) dan terakhir adalah Table Prefix, dibiarin aja nggak apa-apa, ditambahi juga nggak apa-apa. Langsung deh, Submit.

install wordpress dengan wamp
Setting Database

11. Selanjutnya akan nongol kata-kata “All Right, Sparky ……..” klik aja Run the Install.

install wordpress dengan wamp
Run the Install

12. Masuk tahap akhir deh. Disini kamu akan diminta untuk mengisi informasi tentang website-mu dan membuat user baru. Kalau sudah, klik Install WordPress.

install wprdpress  dengan wamp
Membuat judul dan user

13. Jika sudah selesai dan muncul tampilan finish, lanjutkan Login, masuk Dashboard dan isi website kerenmu deh.

Share

Mr Seven

Nothing special. Just Half-human.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.